Nokia Lumia 920 – Smartphone Tercanggih Nokia Bersistem Operasi Windows Phone 8

Posted by Ika Mafaza Rohmah on September 22, 2012

Walaupun banyak yang dikejutkan dengan munculnya Samsung Ativ S yang merupakan smartphone pertama menggunakan sistem operasi Windows Phone 8, namun banyak penggemar gadget masih menunggu munculnya keluarga baru Nokia Lumia menggunakan Windows Phone 8. Hal ini dimaklumi karena Nokia merupakan perusahaan utama yang bekerjasama dengan Microsoft dalam pengembangan Windows Phone 8. Kini Nokia akhirnya telah mengumumkan smartphone terbarunya yang menggunakan Windows Phone 8, salah satunya adalah Nokia Lumia 920.

Nokia baru saja merilis Lumia 920 pada tanggal 5 September 2012 kemarin di New York. Nokia Lumia 920 ini dirilis dengan sudah menggunakan teknologi-teknologi yang canggih dan unik dibanding smartphone-smartphone lainnya yang ada saat ini. Salah satu teknologi yang diimplementasikan oleh Nokia di Lumia 920 adalah wireless charging di mana pengisian baterai sudah dapat tanpa menggunakan kabel dan PureView yang dapat menghasilkan foto dengan kualitas yang bagus di berbagai kondisi.

Spesifikasi hardware yang ditawarkan oleh Lumia 920 mengalami peningkatan dibandingkan dengan Lumia generasi sebelumnya, salah satunya adalah dengan dibenamkannya prosesor Qualcomm Snapdragon S4 yang memiliki teknologi 4LTE. Berikut adalah beberapa spesifikasi utama dari Nokia Lumia 920:

  • Prosesor Qualcomm SnapDragon S4 Dual Core 1,5 GHz
  • 4.5″ PureMotion HD+ Display 1280×720 Corning Gorilla Glass ClearBlack Super Sensitive Touch
  • 1 GB RAM
  • Kapasitas Internal 32 GB dan dapat ditambahkan dengan microSD untuk menambahkan kapasitas
  • Kamera belakang 8,7 MP with Pureview dan kamera depan 1.3 MP
  • Konektivitas Bluetooth 3.0, NFC, Wi-fi, dan Micro-USb 2.0
  • Menggunakan sistem operasi Windows Phone 8 yang baru diluncurkan.

Dengan dukungan hardware yang mumpuni akan membuat Nokia Lumia 920 dapat bersaing dikelasnya. Dari sisi kamera, walaupun besarnya resolusi yang dapat dihasilkan hanya mencapai 8.7 MP akan tetapi Nokia Lumia 920 mengimplementasikan teknologi PureView yang dapat menghasilkan foto dengan jernih dan berkualitas layaknya kamera digital. Dari sisi layar, Nokia Lumia 920 masih mengadopsi kaca anti gores Corning Gorilla Glass yang sudah teruji kualitasnya dengan dibarengi teknologi Super Sensitive Touch yang membuat pengguna nyaman menyentuh layar smartphone ketika beraktivitas di manapun dan kapanpun.

Sesuai janji, Nokia juga telah mengimplementasikan teknologi NFC di Lumia 920 yang akan memudahkan pengguna dalam mentrasfer data dengan cepat tanpa repot. Selain itu juga Lumia 920 sudah mendukung MicroSD untuk penyimpanan data.

Nokia Lumia 920

Nokia Lumia 920

Tampilan dari Lumia 920 sekilas terlihat mirip dengan pendahulunya yaitu Lumia 800 dan Lumia 900 dengan mengusung desain kotak namun elegan. Untuk yang penasaran seperti apa Lumia 920, Nokia telah mengunggah video resmi Lumia 920 di Youtube atau bisa juga dengan mengunjungi halaman resimnya di situs Nokia.
Sungguh menarik bukan. Untuk sebuah smartphone berbasis Windows Phone 8, Lumia 920 memiliki berbagai fitur yang unik dan bermanfaat, dari segi hardware-nya pun sudah mumpuni. Noki Lumia 920 akan menjadi pesaing kuat bagi Samsung Ativ S di pasaran. Menurut saya Lumia 920 memiliki keunggulan di berbagai sisi yang jarang ditemukan di smartphone lainnya. Namun, penggemar gadget harus bersabar untuk menunggu Lumia 920 mulai dijual di pasaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s