5 Cloud Storage Terpopuler untuk Smartphone

Pada tahun 2012 ini, semakin banyak pengguna smartphone di Indonesia maupun di dunia. Smartphone sendiri sangat memudahkan orang dalam menjalani aktivitas dan rutinitas pekerjaan. Namun dari sisi penyimpanan data, smartphone memiliki keterbatasan dalam segi kapasitas yang hanya mampu menampung puluhan gigabyte data. Mungkin ini bukan masalah bagi sebagian orang, namun untuk yang mengkoleksi banyak file dengan ukuran besar seperti gambar beresolusi tinggi, ini mungkin menjadi masalah.

Untuk mengatasi masalah kapasitas penyimpanan data di smartphone, kini telah banyak bermunculan layanan cloud storage yang merupakan penyimpanan data berbasis online sehingga memungkinkan penggunanya untuk dapat mengakses dan menyimpan data di Internet kapanpun dan di manapun selama memiliki akses Internet.

Layanan cloud storage yang ada biasanya memberikan kapasitas gratis bagi penggunanya hingga beberapa gigabyte. Apabila si pengguna ingin menambahkan kapasitas cloud storage mereka, mereka dapat membayar dengan uang ke layanan tersebut untuk memperbesar kapasitas penyimpanan data.

5 layanan cloud storage yang sangat populer digunakan di smartphone saat ini adalah sebagai berikut:

iCloud


iCloud merupakan layanan cloud storage yang diberikan secara gratis oleh Apple kepada pengguna iPhone, iPad, dan iPod Touch yang menggunakan minimal sistem operasi iOS 5 dan juga kepada pengguna Mac yang minimal menggunakan Mac OS X Lion. iCloud memberikan fasilitas berupa cloud storage gratis dengan kapasitas 5GB untuk menyimpan data email, dokumen dan backup. Untuk data jenis aplikasi, musik, buku dan foto, pengguna tidak dikenakan batas penyimpanan data pada iCloud. iCloud sendiri memang ditujukkan untuk smartphone bersistem operasi iOS dan tidak akan dirilis ke sistem operasi manapun.

Dropbox

Bagi pengguna smartphone berbasis Android pasti banyak yang sudah familiar dengan Dropbox. Dropbox sendiri adalah sebuah layanan penyedia cloud storage yang dioperasikan oleh Dropbox, Inc. Dropbox menggunakan sistem penyimpanan berjaringan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi data serta dokumen dengan pengguna lain melalui Internet. Pada saat pertama kali menggunakan layanan ini, pengguna diberikan kapasitas gratis hingga sebesar 2 GB. Aplikasi ini telah tersedia untuk pengguna smartphone berbasis Android, iPhone, iPad, Blackberry dan Kindle Fire.

Google Drive

Siapa yang tidak kenal dengan Google sebagai perusahaan di bidang teknologi informasi. Kini Google juga ikut menghadirkan layanan cloud storage mereka bernama Google Drive. Uniknya, Google Drive merupakan ekstensi dari Google Docs dan dapat menyimpan data selain dokumen. Google Drive memberikan layanan cloud storage gratis dengan kapasitas sebesar 5 GB dan dapat ditambahkan dengan pembayaran tertentu. Google Drive juga dapat bersinkronisasi dengan layanan Google lainnya seperti Google+, Gmail, dan Google Search. Selain tersedia di Android, kini Google Drive juga telah tersedia di sistem operasi iOS juga.

SkyDrive

Tidak ketinggalan dengan perusahaan lainnya, Microsoft juga telah membuat layanan cloud storage SkyDrive yang terintegrasi dengan layanan Live.com yang merupakan layanan email dari Microsoft. Apabila pengguna ingin menggunakan SkyDrive, maka harus mempunyai akun Live.com/Hotmail.com terlebih dahulu yang kemudian akan terintegrasi dengan layanan SkyDrive dengan kapasitas gratis sebesar 7 GB. Selain berfungsi sebagai cloud storage, SkyDrive dapat juga digunakan sebagai editor via web untuk dokumen seperti Docs, Excel, Powerpoint dan OneNote. Kini SkyDrive telah tersedia di Windows Phone, iOS dan Android.

Ubuntu One

Tidak berbeda dengan layanan cloud store lainnya, Ubuntu One memberikan kapasitas gratis sebesar 5 GB kepada penggunanya. Ubuntu One saat ini dapat digunakan untuk pengguna Ubuntu, Windows, iOS, dan Android. Selain itu juga Ubuntu One dapat diakses melalui web.

~

Dengan adanya penyimpanan yang berbasis awan, pengguna smartphone menjadi lebih mudah dalam mengakses, menyimpan dan mengedit dokumen maupun file kapanpun di manapun selama ada akses Internet. Selain itu juga pengguna smartphone dapat menghemat kapasitas penyimpanan pada smartphone yang mereka gunakan.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s